Lontar Babad: Jejak Sejarah Bali yang Terukir Indah - Cakepane
Notifications

Lontar Babad: Jejak Sejarah Bali yang Terukir Indah

Bali selalu punya hal menarik, termasuk di antaranya perihal sejarah. Lontar Babad adalah satu di antara sejarah Bali yang terukir indah. Namun, apakah itu?

Pada artikel ini Anda akan mendapat penjelasan lebih lanjut mengenai Lontar Babad. Mulai dari pengertian hingga jenisnya. Simak sampai selesai!

Apa Itu Lontar Babad?

lontar babad

Lontar babad merupakan salah satu karya sastra yang sangat mencerminkan sejarah dan budaya dari daerah Bali. Karya sastra tradisional tersebut ialah warisan budaya Bali yang memiliki nuansa magis di dalamnya.

Lontar ini biasanya berbentuk naskah kuno yang isinya tentang berbagai macam catatan sejarah bali. Selain itu, ada juga mitologi Bali yang diceritakan di dalam lontar.

Jenis-Jenis Lontar Di Pulau Bali

Lontar dapat dikatakan menjadi saksi bisu dari perkembangan budaya, agama, dan politik di Pulau Bali. Naskah ini mempunyai nilai sejarah tinggi serta memberikan wawasan yang mendalam tentang kehidupan masyarakat Bali pada masa lalu. Sehingga bisa menambah pengetahuan dari generasi ke generasi di masyarakat. Berikut ini beberapa jenis lontar babad yang terdapat di pulau Bali:

1. Lontar-Lontar Tentang Puja

Lontar babad ini berisi tentang puja pegangan para Sulinggih pada saat memuja dan "muput" ketika upacara keagamaan. Lontar-lontar ini biasanya menggunakan bahasa Sanskerta kepulauan yang sudah ada sejak jaman dahulu. Beberapa bentuk dari lontar puja di antaranya ialah Wedapankrama, Arghapatra, Suryasewana, Kajang-pitra-puja, Puja ksatrya, dan Puja-mamukur.

2. Lontar-lontar tentang Yajna

Lontar tentang Yajna ini sangat banyak jenisnya. Umumnya, lontar babad ini mengandung petunjuk-petunjuk secara umum untuk melakukan kegiatan upacara yajna. Mulai dari memberikan petunjuk mengenai jenis banten atau sesajennya, hingga perlengkapannya dan lain sebagainya. Adapun beberapa nama-nama lontar yang terdapat pada lontar tentang Yajna ialah Dewa-tatwa, Wrhaspatikalpa, Sundarigama, Kramaning madiksa, Yamapurwana tatwa, Janma-prakerti,  Dharma-koripan, Sri purana, Anggastiaprana, dan Tatwa-siwa-purana.

3.Lontar Wariga

Jenis lontar lain terdapat di pulau Bali dan menjadi sejarah di daerah tersebut adalah lontar wariga. Macam lontar ini disebut juga masih memiliki hubungan yang erat dengan lontar Yajna. Adapun beberapa jenis lontar wariga ialah Wariga Gemet, Wariga Parerasian, Wariga Krimping, Wariga Palalawangan, dan Purwaka Wariga.

4. Lontar Etika

Lontar etika berisi ajaran tentang etika, kebajikan serta tuntunan untuk bersikap menjadi orang "Sadhu".  Sadhu dalam artian yaitu berbudi luhur, arif dan bijaksana, berpribadi mulia serta berhati suci. Adapun beberapa lontar yang termasuk dalam jenis ini antara lain ialah Sarasamusccaya, Agastiaparwa, Siwasasana, Slokantara, Silakrama, Wratisasana, dan Pancasiksa.

5. Lontar Tattwa

Lontar babad yang menjadi sejarah Bali selanjutnya ialah lontar Tattwa. Lontar-lontar yang termasuk di dalam jenis ini biasanya berisikan ajaran-ajaran Ketuhanan. Selain itu, ada juga lontar Tattwa yang memuat ajaran mengenai penjadian alam semesta, ajaran tentang Kelepasan, ajaran Yoga, dan lain sebagainya. Sebagian besar lontar jenis ini memiliki sifat Siwaistis. Beberapa contoh lontar yang termasuk dalam Tattwa ialah Bhuwana kosa, Jnanasiddhanta, Ganapatitatwa, Sanghyang Mahajnana, Bhuwana sangksepa, Wrhaspati-Tattwa, dan Tatwajnana.

Pembagian Masa Babad Sejarah Bali

Ada beberapa era yang terjadi pada masa lampau di wilayah Bali. Yang mana pada masa-masa tersebut memiliki ceritanya masing-masing dan menjadi sejarah dari bagian kehidupan masyarakat asli Bali.

Pendahuluan dan Asal Usul

Babad Sejarah Bali pada umumnya dimulai dengan pengantar yang menjelaskan bagaimana asal-usul naskah serta tujuan penulisan. Hal tersebut memberikan konteks sejarah yang sangat penting bagi masyarakat.

Era Majapahit

Sebuah bagian dari lontar ini seringkali menceritakan masa pemerintahan Majapahit di Bali. Oleh sebab itu, ada istilah Suku Bali Majapahit. Suku ini mendiami wilayah pulau Bali yang telah dipengaruhi oleh adat budaya dari Majapahit. Adanya suku ini menjadi  kekuatan besar yang memainkan peran cukup penting di dalam membentuk karakter budaya serta politik Bali.

Pembagian Dinasti

Babad Sejarah Bali sering kali telah mencatat dinasti-dinasti terdahulu yang memerintah di pulau ini. Setiap dinasti pastilah membawa perubahan serta ciri khas tersendiri dalam sejarah Bali.

Legenda dan Mitologi

Tidak hanya menceritakan tentang fakta sejarah, lontar juga biasanya menyajikan berbagai legenda juga mitologi yang menggambarkan kehidupan spiritual masyarakat di Bali. Cerita-cerita ini pada umumnya mencakup dewa-dewa dan tokoh-tokoh mitologis Bali.

Itulah kisah mengenai lontar babad yang menjadi sejarah Bali. Hal ini tentunya sangat penting bagi masyarakat asli Bali karena berkaitan erat dengan adat istiadat.

Post a Comment